Penetapan PNPK Tata Laksana Hemofilia 2021

Tanpa disadari, berbagai upaya selalu kami upayakan untuk meningkatkan penanganan Hemofilia di Indonesia.

Sejak didirikannya HMHI pada tahun 2005, HMHI terus melakukan advokasi kepada pemerintah dan instansi terkait lainnya. Ini terbukti dengan adanya perubahan yang terjadi dalam penanganan hemofilia di Indonesia. Pada awalnya, Hemofilia masih ditangani dengan pemberian transfusi darah namun seiring perjalanan perjuangan HMHI, saat ini pasien Hemofilia dapat merasakan pengobatan dengan menggunakan Faktor Pembekuan Darah (Faktor Konsentrat) melalui BPJS.

Tahun ini, melalui kerjasama dan perjuangan antara Tim Medis dan HMHI, Pemerintah melalui Menteri Kesehatan RI telah menetapkan dan menyetujui Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran (PNPK) Tata Laksana Hemofilia melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/243/2021. Dengan adanya PNPK ini, diharapkan kedepannya terdapat keseragaman dalam penangan Hemofilia di seluruh Indonesia.

Namun perjuangan belum bisa berhenti. Setelah PNPK ditetapkan, perjuangan selanjutnya adalah mengusahakan pemberian pengobatan Hemofilia dengan cara Profilaksis. Sebuah tantangan berat bagi HMHI dan membutuhkan kerjasama dari seluruh pasien dan keluarga agar cita-cita ini dapat tercapai hingga tingkat kecacatan sendi pada pasien hemofilia dikemudian hari dapat diminimalisir.

Pagi ini, untuk memulai perjuangan tersebut, HMHI saat ini tengah melakukan pendekatan dan sosialisasi dengan mengundang 11 Media Cetak dan Eletronik besar di Indonesia.

Berharap acara yang bertajuk Diskusi World Hemophilia Day 2021 – Profilaksis dan Tantangan Tata Laksana Hemofilia di Indonesia pada hari ini jam 10.00 – 12.00 WIB. Dan siang nanti HMHI akan segera menyebarkan press release dengan judul World Hemophilia Day 2021 – Profilaksis Memberikan Kesempatan bagi Penyandang Hemofilia di Indonesia untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik ke banyak media cetak dan elektronik untuk mensosialisasikan Hemofilia sehubungan dengan Hari Hemofilia Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 April 2021 mendatang.

Mari.. kita sama-sama perjuangkan pengobatan Hemofilia yang layak bagi hemofilia tercinta. HMHI dan Tim Medis upayakan advokasi, Hemofilia dan Keluarga juga bantu perjuangkan ini dengan cara yang sederhana seperti lakukan pendataan pada Aplikasi Android Hemofilia Indonesia dan rajin mengisi menu Catatan Perdarahannya. Karena tanpa data kalian, kami tidak punya peluru untuk perjuangkan pengobatan Hemofilia.

Yuk.. Tetap semangat!
Buktikan, Hemofilia Bisa!!


#hemofilia #hemofiliaindonesia #hemophilia #hmhi #ihs