Hydrotherapy Training 2014 – Pejaten


Pelatihan Hidroterapi

Hemofilia merupakan gangguan pembekuan darah yang bersifat herediter. Hemofilia A disebabkan kekurangan faktor VIII, sedangkan hemofilia B disebabkan kekurangan faktor IX.Komplikasi tersering dari hemofilia adalah perdarahan otot dan sendi (hemarthrosis). Perdarahan sendi yang terjadi secara berulang dan tidak diobati dengan baik akan menyebabkan degenerasi sendi.

Jika proses degenerasi sendi ini tidak tertangani secara benar akan terjadi kecacatan permanen di masa depan. Mengingat angka kejadian degenerasi sendi pada pasien hemofilia sangatlah sering, sehingga program pelatihan hidroterapi untuk pasien–pasien hemofilia menjadi hal yang perlu dilakukan. Tujuannya untuk meningkatkan kewaspadaan pasien terhadap komplikasi perdarahan kronik terhadap otot, sendi dan kesehatan psikis.

Sebanyak 50 pasien ikut serta dalam pelatihan hidroterapi. Pemilihan pasien dilakukan oleh fisioterapis menurut status musculoskeletal dan kondisi fisik yang memungkinkan. Pelatihan ini diselenggarakan di kolam renang apartemen pejaten indah pada Sabtu, 21 Juni 2014. Terdapat sepuluh fisioterapis yang akan dibagi menjadi dua kelompok untuk melakukan supervisi terhadap pasien anak dan dewasa. Sebelum memulai pelatihan, acara dibuka oleh Prof. Djajadiman Gatot, SpA(K) dan Dr. Novie Amelia Chozie, SpA(K), kemudian dilanjutkan dengan sesi Talkshow, edukasi dan games.