National Member Organization (NMO) Training 2015 – Karawaci


NMO Training

Dalam menyambut World Hemophilia Day 2015, HMHI bersama dengan PHTDI menyelenggarakan National Member Organization Training atau yang biasa disingkat dengan NMO Training. Acara yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Karawaci Tangerang pada Sabtu, 18 April 2015 dihadiri oleh delegasi HMHI cabang berbagai daerah. HMHI cabang yang hadir diantaranya ; Bandung, Makassar, Manado, Kalimantan Timur,  Kepulauan Riau, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Aceh. Perwakilan dari Banjarmasin dan Tangerang/Banten turut hadir, karena Banten akan segera diresmikan menjadi HMHI Cabang.

Training terbagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama diberikan beberapa penyajian materi. Materi yang disampaikan diantaranya mengenai tantangan yang harus dihadapi oleh organisasi hemophilia di negara berkembang (difasilitasi oleh Prof. Dr. Djajadiman Gatot, SpA(K)), Rencana strategi (difasilitasi oleh Agustaman Wirawan, S.S), Membangun dan memperluas organisasi (difasilitasi oleh Antonius Ari Sudana, S.Si), Melakukan lobi kepada pemerintah (difasilitasi oleh Novi Riandini, S.Kom), Merekrut dan membina relawan (difasilitasi oleh Hafizh Kalamullah, S.Kom).

Pada sesi kedua, peserta diminta membuat kelompok diskusi untuk kemudian mempresentasikan hasil keputusan atas setiap studi kasus yang diberikan. Pada sesi workshop ini, studi kasus yang diberikan mengenai penguatan organisasi (difasilitasi oleh Antonius Ari Sudana, S.Si), komunikasi dan membangun relasi dengan berbagai stakeholder (difasilitasi oleh Esther Muntu), terakhir mengenai pengembangan skill (difasilitais oleh Agustaman Wirawan, S.S). Setelah mengikuti kegiatan NMO Training, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan pembelajaran yang di dapat di cabang masing-masing.